Pages

Sabtu, 01 Oktober 2011

Suhu di Makkah-Madinah Panas, Jemaah Diminta Bersiap

detail berita
Ilustrasi (Foto: Koran Sindo)
JEDDAH - Satu hari menjelang kedatangan jamaah haji suhu udara di Mekkah dan Madinah lebih panas dari Jakarta. Pada hari ini, suhu udara di dua tempat tersebut rata-rata 40-42 derajat Celcius.

Biasanya, suhu udara di Jakarta hanya mencapai 28-33 derajat Celcius.

Berdasarkan data di laman weather.com, suhu kota Makkah hari ini Sabtu (1/9/2011) pada siang hari mencapai 41-42 derajat Celcius, temperatur malam hari sekitar 30 derajat Celcius. Perkiraan suhu untuk Minggu besok, di kota Makkah pada siang hari mencapai 42- 43 derajat Celcius.

Untuk perkiraan suhu di Madinah pada Sabtu siang berkisar antara 40-41 derajat Celcius. Adapun suhu malam hari di Kota Madinah diperkirakan mencapai antara 29-30 derajat Celcius. Untuk perkiraan suhu di kota Madinah hari Minggu siang berkisar 40-41 derajat Celcius.

Kabid Kesehatan PPIH Mawari Edy, mengatakan cuaca panas berpotensi memicu dehidrasi. Dalam tahapan lebih lanjut kondisi memicu penurunan konsentrasi para jemaah haji.

Mawari mengimbau agar selama di Arab Saudi, jemaah bisa membawa buah-buahan yang banyak mengandung cairan, semisal apel, jeruk, dan buah pir. "Jangan lupa bawah botol air ke mana pun jemaah pergi," imbaunya.

Mawari juga mengimbau agar jamaah selalu mengenakan masker. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi udara yang diduga tercampur dengan debu-debu bangunan di sekitar Masjidilharam di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Seperti diketahui, Kerajaan Saudi tengah membangun proyek ambisius senilai USD21 miliar seperti dilansir Harian Inggris The Guardian edisi Rabu 28 September 2011.

Proyek konstruksi seluas 400 ribu meter persegi di Masjidilharam kali ini merupakan proyek terbesar dalam sejarah Makkah. Nantinya, perluasan tersebut akan mampu menampung tambahan 1,2 juta jemaah.

Dari pantauan okezone di kota Makkah dan Madinah beberapa hari lalu, dua kota suci umat Islam ini tak henti-hentinya melakukan pembangunan infrastruktur. Jika di Mekkah sedang membangun perluasan areal Masjidilharam, di sekitar wilayah Masjid Nabawi pun kini sedang dibangun jalan underpass dan jalan layang. Sehingga beberapa ruas jalan di daerah Sy. Sittin ditutup.

Sementara itu, Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Madinah telah menyediakan sekira 300 jenis obat-obatan untuk jemaah haji Indonesia yang sakit di Madinah. Di depan Gedung BPHI nampak delapan ambulans yang siap menjemput jemaah jika membutuh pertolongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar